Senin, 14 November 2011

Jadi Alumni ESQ Untuk Pertama Kali

Hari Sabtu-Minggu, 12-13 November kemarin, gue dan anak2 pengajian gue diikutkan training ESQ sama guru ngaji gue. Training ESQ itu training bagaimana cara mengolah emosi dan spiritual yg ada pada diri kita sesuai metode yg diajarkan om Ary Ginanjar Agustian. Jadi setelah training diharapkan pesertanya dapat pencerahan hati dan hidayah dari Allah SWT.

Bagi gue ini training perdana gue, jadi gue antusias banget pengen tau gimana sih training ESQ tsb. Sedangkan temen2 pengajian gue ada yg udah ikut 2 kali, 3 kali, bahkan ada yg sering ikut.

Di Gedung Lembaga Sandi Negara, Ragunan, disanalah training tsb diadakan. Pas gue dan temen2 sampe disana, gue liat banyak anak2 remaja lain yg juga dateng, bukan hanya dari Jakarta aja, tapi dari berbagai kota lain, seperti Jogja, Makassar, Bandung, dll. Di meja absensi peserta, gue dan temen2 langsung cari nama dan tandatangan terus dapet snack pagi (roti sama aqua gelas, lumayan pas itu gue baru sarapan 2 sendok hoho), dan dikasih lembar formulir buat keperluan registrasi.

Sebelumnya peserta semuanya disuruh tunggu di luar ruangan beberapa menit, dan kemudian kita semua disuruh masuk ruangan. Gue liat ada 2 layar gede didepan ruangan tsb, ditengah sama di samping banyak bunga2 dan ditengah itu ada meja untuk trainer. Gue liat juga ada cowo ganteng unyu2 gimana gitu ehehe..

Tepat 07.00 opening session dibuka oleh pemilik gedung Lemsaneg, Bpk. Joko Setiadi, dilanjut dgn kata sambutan dari para pengurus ESQ DKI Jakarta. Terus pengenalan sang trainer. Dari situlah gue tau kalo sang trainer yg ganteng dan unyu itu namanya adalah kak Reggy Latif, dia trainer yg udh dilisenced resmi dari om Ary. Kak Reggy gak sendiri lho, dia ditemenin sama 2 cowo, lumayan ganteng juga sih, namanya kak Boy sama kak Ubal. Kak Boy yg pake kacamata tp rambutnya agak blateng, kalo kak Ubal sepintas mirip Dimas Beck*emang mirip bgt* mangkanya anak2 pada cenat cenut sm mereka berdua. Sebelumnya diadain sesi cari temen, kita para peserta disuruh cari temen sebanyak2nya nanti yg paling banyak dapet hadiah. Gue dapet 33 sahabat baru, tapi yg paling tinggi ada yg dapet sampe 67 temen, gilaa keren(y)



Training pertama dimulai langsung sama kak Reggy, materinya ttg penciptaan alam semesta. Dari situ gue tau penciptaan alam semesta menurut teori big bang (ledakan besar), mirip bgt sama materi geografi di sekolah gue. Pas terakhirnya ada renungan, beehh nyentuh abis sampe nangis2 apalagi sampe denger kak Reggy teriak, itu bikin gue nyadar atas kelakuan gue selama ini didunia, terus salam semut sama sebelah gue.



Hemm terus break pagi (jam 11an) gue dan temen2 makan bareng. 10 menit kemudian, disuruh masuk ruangan lagi. Materinya tentang mengingat kematian, yaAllah gue langsung kebayang2 gimana kalo suatu saat nanti gue dipanggil Allah dan dosa gue banyak bgt dihadapanNya, tapi gue sadar dan pas renungan gue minta ampun sama Allah dan gue minta meninggal dalam keadaan khusnul khotimah*amiinn*



Break zuhur, gue sholat di ruangan dan abis itu makan, terus disuruh masuk lagi. Materinya kalo gasalah tentang stress sama depresi remaja gitu deh, terus gimana cara hilanginnya. Yang kocaknya pas kak Boy lagi akting pura2 stress terus meninggal ditandu sama tim medis keluar ruangan(tapi balik lagi dianya), kak Reggy bilang "langsung aja dibungkus, kuburin di tempat pembuangan sampah" wkwkwk;p terus semua peserta disuruh vote tentang apa yg bikin semangat kesekolah. Gue pilih pendidikan sama sahabat.



Pas penghitungan voting, ternyata yg paling banyak divote itu "uang", menurut gue uang bukan jaminan orang bisa pinter dan sukses dunia akhirat, kayaknya emang semua peserta mata duitan semua hahahaha. Terus hasil votenya langsung dibahas sama kak Reggy, sambil dia bergaya jadi orang kaya pake kacamata item dipayungin sama cewe (ini diperanin kak Boy, pake wig bawa payung pink) maen golf ceritanya, terus keluarin dompet isinya tumpukan gocapan disebar tapi boongan, hadehh itu bikin ngakak lagi ;D mana pake muahmuah tebar pesona segala hihi lucu deh pokoknya.



Terus dilanjutin materi pembahasan ttg ESQ model yg dirancang sama om Ary, terdiri dari 1 suara hati, 6 prinsip, dan 5 kelakuan (langkah),dan zero mind process(belenggu) sebutannya raga, jiwa, sukma, dan belenggu. Kalo diterjemah jadi lucu deh, apalagi ke bahasa daerah. Dibahas tuh satu2 tapi gue gamau bahas disini, terlalu panjang, kalo mau tau ya ikut training ESQ aja pasti ketemu jawabnya (y)



Karena waktu udah nunjukkin hampir pukul 18.00 sesi pembahasan ESQ model di-pause dulu. Pas bubaran, gue emang niat bgt pengen minta nomernya kak Reggy, tujuannya yah kalo mau belajar ttg emosi dan spiritual bisa smsan sama dia. Yaudah gue langsung hampirin kak Reggy dan bilang, "kak Reggy, aku boleh minta nomer kakak gak?" dia jawab "boleh2 ini nomernya" langsung dikasih tau tuh nomernya. Gue bilang "makasiihh ya kaakk" "iya sama2,siapa namanya?" "aku anggita kak" "ohya sukses ya anggita" "iyaa makasih kaakk"



****



Hari kedua, tgl 13 November 2011, jam 06.30 gue dan temen2 langsung otw to Lemsaneg, training kedua. Sampe disana seperti biasa absen ambil sarapan langsung masuk ruangan.

Pembahasan ESQ model dilanjutin lagi, dibahas 6 prinsip satu persatu, ada sisipan dikit tentang kemajuan negara Jepang, mulai dari transportasinya sampe 7 prinsip Bushido-nya terus ada film namanya "The Last Samurai"*pasti udah pada nonton kan*, menurut gue Jepang emang pantes disebut negara maju karena kelakuan dan prinsip hidup mereka yg harus jadi contoh buat kita generasi emas 2020.

Terus kembali ada renungan, masih tentang mengingat mati dan janji kepada sahabat *ini galau abis sumpah*, ampe pelukan sama sahabat sebelahan gue, kita tanya2 gitu "apa maumu" dan "siapa kamu" sambil nangis, dan ini bikin gue keinget sama sahabat2 gue diluar sana u.u

Pas abis break zuhur ampe sore, kita semua peserta disuruh nyanyi. Awalnya kita ditanya sama kak Reggy, "mau nangis lagi ga?" pada jawab "nggaaakkk" "mau seneng lagi ga" "iyaaakkk". Yaudah jadi kita disuruh nyanyi bareng. Jadi ini training ESQ apa konser paduan suara?


Tapi lagu yang kita nyanyiin seru semua, ada yg lagu republik (Hanya Ingin Kau Tahu), ungu yg percaya padaku sama PPT, wali yg tomat, sama andra yg sempurna.. Berasa bgt konser pas kita disuruh loncat2 sama tepuk tangan..
Pas semua lagu abis, kita disuruh duduk lagi, lanjut materi pembahasan ESQ modelnya, udah sampe yg 5 langkah.
Dibahas ampe abis, dikasih games, gamesnya itu disuruh 12 org cewe cowo maju, salah satu jadi ketua, dan ketuanya itu harus menginstruksi semuanya membuat segitiga sama sisi. Tim cewe terpaksa diketuai sama gue sendiri, gue gelagapan pas disuruh ngasih instruksinya, yaudah gue suruh 3 anak miring dikiri, 3 anak dikanan, sama 3 anak garis lurus. Karena waktunya abis, jadinya segitiga sama hancur hohoho..

Materi dilanjutin lagi, pas break ashar, gue sama temen2 gue foto2 sama kak Reggy, kak Boy, sama kak Ubal.. Pas udahan, karena gue daritadi pengen bgt foto berdua sama kak Reggy, yaudah gue minta ke dia buat foto. Hasilnya unyu juga, kalo mau nanti liat aja fotonya kalo udah ditag temen gue ehehehe.

Pas sore ampee selesai, gue dan temen2 akhirnya foto bareng lagi sama mereka bertiga, abis pengen bgt sih. Ada temen gue namanya Sri, gara2 dia gamau pisah sm kak Reggy, dia ampe nangis2.. OOOHHH, tapi gue bujuk dia buat salam sama kak Reggy, yaudah dia saliman juga. Eeehh tadinya kita niatnya mau pulang, malah foto bareng mereka bertiga lagi. Jadi kita foto bareng mereka udah 5 kali hohoho tapi gapapa lumayan kalo kangen sama mereka bisa liat fotonya lagi ;D terus gue salaman sama kak Reggy, "kak aku duluan yaa" "iyaa anggita sukses yaa" *dalam hati: "gue bakal kangen terus sama lo kakak u.u"*

Kita abis itu langsung ambil sertifikat sama kartu alumninya. Aaahh jadi pengen ikutan lagi hehehe mudah2an trainernya kak Reggy lagi amiinnn ;)

********

Yaudah itulah cerita gue pas ikutan training ESQ bareng temen2 gue. Semoga gue share disini bisa bermanfaat amiin ;)

Wassalamu'alaikum ;);) ;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar